Alasan Kenapa Letak Kancing Kemeja Antara Pria Dan Wanita Berbeda

Alasan Kenapa Letak Kancing Kemeja Antara Pria Dan Wanita Berbeda.


Ilustrasi

Umumnya kemeja wanita selalu memiliki kancing di bagian kiri, sedangkan letak kancing pada kemeja pria selalu berada di bagian kanan. Mengapa demikian?

Selama ini, umumnya kemeja wanita selalu memiliki kancing di bagian kiri, sedangkan letak kancing pada kemeja pria selalu berada di bagian kanan.

Selain itu, kancing kemeja, kancing atau pengait di bagian celana pria dan wanita juga memiliki letak yang berbeda.

Tak banyak yang tahu alasan mengapa letak kancing tersebut dibedakan pada busana wanita dan pria, tetapi jika ditinjau lewat teori serta sejarah fashion, berikut alasan mengapa posisi peletakannya berbeda:

1. Pada zaman Ratu Victoria di Inggris, busana pria dan wanita bangsawan memiliki banyak lapisan hingga memerlukan bantuan pelayan untuk mengenakannya.

Teori yang berkembang adalah kancing kiri untuk wanita dibuat untuk memudahkan pelayan, sedangkan pria yang lebih memilih mengenakan busana sendiri dibuatkan kancing pada sebelah kanan agar lebih memudahkan proses pemakaian.

2. Teori selanjutnya, berkembang dari arti filosofis kancing sebelah kiri wanita yang menyedihkan. Kancing diletakan pada bagian kiri agar wanita mengenakan tangan kirinya untuk mengaitkan kancing. Tangan kiri diindikatorkan sebagai tangan yang lebih lemah dari tangan kanan. Penanda jika status wanita lebih rendah dari pria.


3. Untuk memudahkan proses kerja industri garmen, maka dibuat perbedaan letak kancing agar kemeja kedua gender ini tak tertukar saat proses pembuatan serta distribusi.


Sumber : Semua Berita