Cara Unik Para Penggembala Turki Isi Ulang Baterai Ponsel.


Di Sanliurfa, Turki, para penggembala membawa semacam panel surya untuk mengisi ulang ponsel mereka.

Mungkin Anda pernah merasa panik ketika baterai smartphone Anda nyaris habis dan tidak ada tempat atau alat yang bisa mengisi ulang. Bahkan power bank sekalipun perlu diisi ulang untuk mengisi daya baterai smartphone. Namun di Turki, para penggembala menggunakan sejenis panel surya untuk mengisi ulang ponsel mereka.

Ketika ada pemberitahuan baterai ponsel sekarat, mungkin beberapa dar  kita langsung mencari stop kontak untuk mengisi ulang daya baterai ponsel. Tapi tahukah Anda, bahwa di Sanliurfa, Turki ada para penggembala yang membawa semacam panel surya untuk mengisi ulang ponsel mereka, mengagumkan bukan?

Solusi yang mengagumkan itu memang terdengar kurang praktis, tapi memanfaatkan tenaga matahari merupakan salah satu upaya alternatif penggunaan energi. 

Para penggembala ini menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk menggiring, memberi makan, dan menggembalakan hewan ternak mereka. Panel surya yang mereka bawa kemanapun ini sangat diperlukan untuk menelepon keluarga atau kerabat mereka dan mendengarkan musik melalui ponselnya.

Seperti survei yang dilakukan oleh Pew Research Center, kepemilikan atas ponsel pintar kini memang sudah menjadi hal umum. Lima puluh sembilan persen orang dewasa di Turki memiliki ponsel pintar, termasuk di Sanliurfa tempat para penggembala ini tinggal.