Ini Dia Aplikasi Smartphone untuk Bantu Jalankan Puasa dengan Tenang.


Empat aplikasi berikut ini dapat membantu menjalankan ibadah puasa dengan tenang. Keempat aplikasi itu adalah My Ramadan Companion, Ramadan Legacy, Muslim Pro, dan Muslim Alarm. Apa saja kegunaannya?

My Ramadhan Companion
Google turut menyambut bulan suci Ramadan dengan membuat situs bertajuk 'Sahabat Ramadhanku'. "Biarkan Google membantu keseharianmu, agar kamu menjalani bulan ini dengan tenang," tulis Google di halaman itu.

Informasi yang terdapat di situs itu antara lain daftar resep makanan, waktu berbuka dan imsak, serta lokasi masjid terdekat.

Ramadan Legacy
Aplikasi ini dapat digunakan pada ponsel yang menggunakan sistem operasi Android dan iOS. Baru dirilis pada bulan ini di Inggris, Ramadan Legacy merupakan aplikasi yang membantu kita untuk meninggalkan kebiasaan buruk, serta dapat mengatur agenda yang akan kita lakukan saat bulan Ramadan.

Kedua hal itu terdapat pada fitur 'Break a Bad Habit' dan 'Host an Iftar for Your Neighbors. "Kami ingin membuat seluruh umat muslim yang menggunakan aplikasi ini, bisa mengingat hal-hal positif yang telah dilakukannya selama Ramadan," kata pembuat aplikasi Ramadan Legacy.

Muslim Pro
Aplikasi ini memungkinkan Anda mengatur alarm untuk waktu salat sehingga Anda tidak melewatkan salat lima waktu. Selain itu, aplikasi ini juga bisa menunjukkan di mana arah kiblat.

Di Muslim Pro terdapat juga peta yang bisa menunjukkan di mana masjid dan restoran halal di dekat Anda.

Muslim Alarm
Susah bangun sahur? Mungkin aplikasi ini dapat membantu Anda menyelesaikan masalah itu. Secara otomatis (menyesuaikan lokasi Anda), aplikasi ini akan mengingatkan kapan waktu buka, kapan waktu sahur, dan kapan saat imsyak.