Kiat Menjaga Ponsel Tetap Menyala Kala Mati Lampu.


Salah satu ancaman yang muncul saat musim hujan adalah aliran listrik yang mati. Apalagi saat ini kita cenderung tergantung pada gadget yang pada dasarnya sangat membutuhkan asupan listrik untuk dapat menyala. Untuk itu, berikut ini beberapa tips menjaga ponsel tetap menyala saat mati lampu.

Hal pertama yang perlu dilakukan jelas merujuk pada kesiapsiagaan kita untuk kondisi darurat. Selalu pastikan pengisi daya mobile atau lebih dikenal dengan “power bank” dalam kondisi terisi penuh. Jika baterai ponsel masih dapat dilepas, siapkan pula baterai cadangan.

Untuk kebutuhan berkomunikasi dalam kondisi darurat, utamakan penggunaan pesan teks atau SMS dibanding panggilan suara. Selain karena lebih sedikit mengonsumsi daya, pesan singkat juga lebih jarang mengalami masalah dalam kondisi darurat seperti saat mati lampu.

Batasi penggunaan panggilan atau pengiriman SMS hanya untuk kondisi darurat saja. Matikan pula fiturmobile data dan WiFi jika tidak benar-benar dibutuhkan. Bahkan, jika perlu dan kondisi baterai sudah tersisa sangat sedikir, kita dapat mengaktifkan mode Airplane. Dalam kondisi ini, ponsel tidak akan mengonsumsi daya untuk mencari sinyal seluler.

Cara lain menjaga ponsel tetap menyala saat mati lampu adalah dengan mengurangi tingkat kecerahan layar sampai di kondisi terendah serta memastikan tidak ada aplikasi tak terpakai yang bekerja di belakang layar.