Kenapa Orang Bersin Rata-rata Tiga Kali?



Bersin pertama terjadi untuk mengendurkan partikel dari saluran, bersin kedua mengiring partikel ke dekat lubang hidung dan bersin ketiga mengeluarkannya
 

Bersin terkadang terjadi dalam dua atau tiga kali. Dr Jordan S. Josephson, spesialis sinus Lenox Hill Hospital di New York City mengatakan ada beberapa kasus bersin terjadi secara berlebihan, namun sebenarnya itu adalah cara tubuh untuk membersihkan debu atau kuman dari saluran pernapasan.

"Biasanya, Anda bersin karena adanya partikel asing di hidung," kata Josephson. "Bersin adalah cara untuk mengeluarkan partikel asing tersebut," lanjutnya. (Baca : Mengapa Kita Menutup Mata Saat Bersin?)

Josephson menggambarkan secara sederhana apa yang terjadi sebenarnya pada hidung saat terjadinya bersin tiga kali berturut-turut. Bersin pertama terjadi untuk mengendurkan partikel dari saluran pernapasan, bersin kedua mengiring partikel ke dekat lubang hidung dan bersin ketiga mengeluarkannya.

Ada sejumlah iritasi yang dapat memicu bersin. Salah satunya adalah infeksi virus pernapasan, seperti pilek (Ini dapat mengganggu selaput lendir di hidung), lalu udara dingin, alergi, (pada serbuk sari dan hewan tertentu) ketombe, iritasi fisik, termasuk asap dan polusi; dan partikel lingkungan, seperti debu, jamur dan jamur..

Perlu diketahui pula bahwa tidak semua bersin terkait dengan iritasi. Beberapa orang mengalami bersin ketika mereka beraktivitas di luar (suatu kondisi yang dikenal sebagai bersin fotik, bersin ini dialami antara 10 dan 35 persen dari populasi, menurut survei informal Scientific American). Orang lainnya bersin ketika perut mereka penuh (suatu kondisi yang dikenal sebagai snatiation).

Tidak peduli apa yang memicu bersin, pastikan untuk menutupi hidung dan mulut untuk mencegah penyebaran kuman

osephson merekomendasikan untuk selalu mencuci tangan, jika Anda bersin. "Cara terbaik untuk menangani bersin adalah dengan dihela tisu," kata Josephson.


Baca Juga Hewan Yang Bisa Bersin 

Sumber (Berita Satu)