3 Tips Fotografi untuk Pemula


Fotografi menjadi salah satu hobi yang sangat popular saat ini. Bagaimanapun juga, hobi ini memiliki daya tariknya tersendiri.

Fotografi menjadi salah satu hobi yang sangat popular saat ini. Bagaimanapun juga, hobi ini memiliki daya tariknya tersendiri. Akan tetapi untuk bisa mengambil foto yang berkualitas diperlukan banyak latihan dan pengalaman serta dituntut untuk memahami prinsip-prinsip dasar fotografi, terlebih kita kita tergila-gila dengan gambar yang bagus.

Setidaknya ada 'top three' tip fotografi bagi pemula. Simak tips nya :

1. Jangan langung membeli kamera mahal
Belilah perlengkapan yang murah jika kita masih di tingkat pemula.  Jangan tergiur lensa-lensa mahal yang menjanjikan hasil gambar luar biasa bagus. Peralatan memang penting, namun itu bukan hal yang terpenting. Pelajari teknik dasar-dasar menggunakan peralatan tersebut, dan cobalah untuk mengambil foto yang berkualitas. Perlu diingat, yang paling penting dalam fotografi adalah kemampuan kita dalam memandang suatu objek, bukan seberapa mahal kamera yang Anda miliki.

2. Mencari referensi sebanyak mungkin
Saat ini ada banyak sumber yang bisa kita manfaatkan untuk belajar fotografi. Akses internet salah satunya, proses belajar akan menjadi jauh lebih mudah dan menyenangkan karena ada banyak websiteyang memberikan tutorial fotografi untuk pemula secara gratis.  

Akan lebih baik lagi jika kita mempelajarinya langsung dari fotografer profesional yang sudah berpengalaman. Memanfaatkan Youtube sebagai sumber referensi  dan ada banyak video yang bisa di akses gratis bisa Anda tonton untuk menambah pengetahuan kita di dunia fotografi.

3. Tanya pendapat ahli
Publikasikanlah foto-foto dan cobalah untuk meminta pendapat orang-orang di sekitar kita. Akan lebih bagus jika kita memiliki kenalan seseorang yang sudah profesional di dunia fotografi.
Mintalah saran dan kritiknya, serta cobalah untuk mengamati jenis foto seperti apa yang dikategorikan "bagus" olehnya.  Bersikaplah terbuka dalam menerima kritik, dan gunakan hal itu sebagai motivasi untuk menciptakan foto yang lebih baik lagi.

Kita bisa juga menggunakan komunitas fotografi online seperti Flickr, Instagram, DeviantArt, atau DigitalRev, untuk saling bertukar komentar dan kritik seputar hasil foto Anda.